BANDUNG

Bandung asal kata  dari bendungan dan mempunyai sejarah mengenai  terbendungnya sungai Citarum dengan  lahar dari Tangkuban Perahu dan akhirnya membentuk sebuah telaga. Kata “Bandung” juga memiliki arti  Ngabandungan yang artinya ialah bersaksi atau menyaksikan. Kata ini Juga memiliki nilai filosofis yaitu  makhluk hidup maupun benda mati yang lahir dan tinggal alam yang disebut dengan Ibu Pertiwi yang keberadaanya disaksikan oleh yang Maha Kuasa.

Kota Bandung secara geografis dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan yang menunjukkan pada masa lalu kota ini merupakan danau atau telaga. Sebuah cerita Legenda lagi datang dari legenda Sangkuriang yang menceritakan terbentuknya danau Bandung serta terjadinya asal muasal Gunung Tangkuban Perahu. Bagaimana terjadinya  keringnya danau ini yang  membuat  cekungan hingga saat ini. menurut cerita Air dari danau tersebut kering karena mengalir melewati gua yang bernama Sangkyang Tikoro.

Kota metropolitan terbesar di Jawa Barat yaitu Kota kembang yang  menjadikannya  ibu kota di provinsi tersebut. Letak Kota ini kurang lebih  140 km sebelah tenggara kota Jakarta yang merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah kota Jakarta dan kota Surabaya dilihat dari jumlah penduduknya. Sedangkan daerah BDGRaya  merupakankota metropolitan terbesar ke-3 di negara Indonesia setelah Jabodetabek serta Grebangkertosusilo (Gerbang kertosusila).

BANDUNG

Ada beberapa hal yang  menjadi sentral sorotan mengenai

sejarah kota ini yang  hingga kini tidak bisa kita lupakan yaitu :

  • ITB yang dulu bernama (Technische Hoogeschool te Bandoeng )
  • area pertempuran pada masa kemerdekaan
  • Tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, pertemuan yang menyuarakan anti kolonialisme
  • Kota ini juga merupakan ibu kotanya Asia-Afrika menurut pidatonya Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru.
  • Pada tahun 1990 salah satu kota yang paling aman di dunia berdasarkan Majalah Time.

Sebutan lain untuk kota Bandung ini adalah Kota kembang , karena pada waktu itu kota ini dengan banyaknya bunga dan pohon yang tumbuh di situlah nilai cantik yang di berikan predikat untuk kota kembang ini. kota ini juga sering disebut dengan Parijs van Java karena keindahannya dan terbukti sebutan itu dari jaman dulu.

Dan sekarang dengan perkembangannya yang pesat kota ini  berganti sebutannya kembali menjadi kota belanja, dengan banyaknya bermunculan mall,factory outlet dan distro yang  tersebar di kota ini, seiring berjalannya waktu kota ini pun menjadi kota kuliner secara berangsur yang menjadi buruan wisatawan domestik maupun mancanegara diakhir pekan.

BANDUNG

British Council membuatkan  kota BDG sebagai pilot project sebagai kota terkreatif SE-Asia Timur ditahun 2007, yang hingga saat ini kota ini  menjadi salah satu kota tujuan utama dari pariwisata serta pendidikan. Kota kembang juga menjadi barometer musik di Indonesia dengan melahirkan nya musisi-musisi yang top yang hingga kini melahirkan kreatifitas muda. kota kembang juga mempunyai begitu banyak komunitas dan tempat wisata Alam yang indah. Sehingga menjadikan kota ini menjamurnya hotel-hotel yang ikut memeriahkan kota kembang.

Ada bebErapa yang menjadi kendala untuk kota ini yaitu untuk wilayah selatan selalu saja mengalami malasah rentan bencana banjir karena untuk wilayah tersebut  dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung serta Sungai Citarum yang pada umumnya mengalir menuju arah selatan sehingga bertemu di Sungai Citarum.

Akan tetapi kota BDG memiliki iklim yang menjadi salah satu wilayah yang sejuk di Indonesia. Karena untuk wilayah kota ini dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab serta  sejuk,dengan rata-rata suhu kurang lebih 23,5 °C, dengan curah hujan rata-rata yaitu 200,04 mm dari  jumlah hari rata-rata  hujan 21,3 hari/bulan.

Demikian mengenai beberapa ulasan dan wawasan mengenai Kota Bandung yang sangat indah ini semoga bermanfaat dan menjadikannya sebagai salah satu alternatif untuk berwisata dan mencari inspirasi.

Leave a Reply